Rabu, 01 Juni 2011

PANCASILA

Tanggal 1 Juni adalah hari kelahiran Pancasila. Sungguh ide yang cemerlang dari Bapak-bapak pendiri bangsa yang menetapkan pancasila sebagai Dasar Negara.Pancasila memang tidak hanya dimengerti tetapi nilai-nilainya harus dilaksanakan dalam kehidupan di masyarakat. Misalnya kehidupan yang didasari nilai-nilai Pancasila di pelosok tanah kelahiran saya. Rata-rata yang tinggal di tempat kelahiran saya adalah orang-orang tua yang tidak banyak mengeyam pendidikan formal. Anak-anak muda yang relatif berpendidikan rata-rata merantau diluar daerah. Kehidupan di daerah itu sungguh-sungguh bedasarkan nilai-nilai Pancasila, walaupun secara teori warga tidak banyak memahami Pancasila juga tidak tahu Pancasila lahir tanggal berapa.
Semua warga mempunyai keyakinan kepada Tuhan walaupun agama dan kepercayaanya berbeda-beda. Pada saat membangun Masjid dikerjakan secara bergotong royong baik penganut Islam maupun penganut yang lain, bahkan Panitia Pembangunan Masjid tersebut ada orang yang non muslim, begitu juga waktu membangun Kapel tempat ibadah orang Katolik. Hubungan warga satu dengan lainnya saling menghormati dan mendukung.
Warga juga bersatu dalam menghadapi berbagai masalah,Musyawarah berlangsung lancar dan beretika saling menghormati pendapat yang berbeda, keadilan juga sangat dijunjung tinggi didaerah itu.
Cerita ini sangat kontras sekali dengan kejadian secara umum di negara kita yang selalu diberitakan oleh media.Beda keyakinan diserang dan dihancurkan, berapa nyawa, fasilitas umum, rumah ibadah atas nama keyakinan dimusnahkan?. Berapa warga kecil yang dizalimi karena dituduh melakukan tindakan pidana? Berapa pejabat dan mantan pejabat yang bebas berlenggang plesiran keluar negeri walaupun sudah diputus salah oleh pengadilan karena korupsi?. Banyak kasus karena perbedaan akhirnya tidak kompak mencari penyelesaikan untuk kepetingan bangsa misalnya kasus PSSI, entah untuk kepentingan siapa.
Musyawarah di DPR yang menjadi tolok ukurnya demokrasi bangsa ini juga carut marut. Keadilan bagi warga yang miskin, tersingkir, terlupakan dan difabel dibajak oleh oknum-uknum penguasa.
Marilah Pancasila ini kita gunakan sebagai pijakan dalam bertindak dari rakyat biasa sampai pejabat-pejabat negara. Yakinlah bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang damai, sejahtera dan akan menjadi bangsa yang besar didunia.

Tidak ada komentar: